Situs Belajar Edit Foto dan Video di Android. Blog ini berisi tentang Tutorial Kekinian yang menarik untuk Feed Instagram, WhatsApp, Facebook dan juga Youtube.

Cara Mudah Membuat Effect Blur (BOKEH) untuk Pemula di Android

Cara Mudah Membuat Effect Blur (BOKEH) untuk Pemula di Android - Efek Blur (Bokeh) mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalian. Biasanya untuk mendapatkan efek Bokeh perlu menggunakan kamera DSLR atau kamera yang resolusi gambar nya sudah bagus.

Tapi disini ada cara mudah untuk membuat efek blur, background bokeh, buat kalian yang suka Fotografi & Videogarfi. Hanya dengan menggunakan aplikasi PiscArt kalian sudah bisa merubah foto kalian menjadi efek blur (Bokeh). Gimakah cara mengedit foto bokeh (Blur)? Silahkan baca dan ikuti step by step dari artikel ini sampai selesai yaa ..

Cara Mudah Membuat Effect Blur (BOKEH) untuk Pemula di Android

Efek foto bokeh di handphone memang jadi salah satu efek yang paling populer digunakan oleh para penggemar handphonegrafi. Jika kualitas kamera smartphone kamu belum menganut fitur bokeh, ada beberapa aplikasi foto bokeh yang wajib kamu coba.

Salah satunya adalah PicsArt, memotret dengan smartphone akan menjadi menyenangkan dan mudah. Biasanya, smartphone terkini sudah memiliki kamera ganda (dual kamera). Namun, kalau hape mu belum, bisa pilih di aplikasi PiscArt ini untuk menghasilkan efek ini. Untuk mengakali efek foto dengan sentuhan ‘dramatis’ ini, kamu bisa menggunakan efek editing pada foto kamu.
Berikut ini adalah beberapa langkah langkahnya:

1. Buka Aplikasi PicsArt. Pilih icon Plus  (+)

Dengan membuka aplikasi picsart, kamu sudah bisa dipastikan memiliki apilkasinya ya. Namun, jika belum kamu bisa mendownload aplikasinya di lampiran berikut ini: Aplikasi Android PicsArt

2. Tambahkan foto yang akan di jadikan objek utama


Nyubeedong.com - Pilih foto yang akan diedit 

Kita bisa memulai dengan memilih edit foto mana yang akan menjadi fokus utama editing kita kali ini. Tentu pilih yang sesuai seleramu ya. 


3. Kemudian, pilih icon Alat, pilih ukuran foto yang kalian inginkan. Lalu pilih CUT (Gunting). Klik seleksi

Setelah dipilih gambarnya, kita mulai pengeditannya. Kita pilih alat yang akan digunakan lalu dipilih juga ukuran foto yang kita inginkan lalu klik CUT/Gunting. Setelahnya kita klik seleksi gambar tersembut. Gambarnya seperti berikut ini.

Nyubeedong - Cut and Selection pictures


4. Jika ada bagian yang belum terseleksi, rapihkan dengan cara pilih icon kuas di bagian atas. Usap secara perlahan agar hasilnya rapih.

Untuk bagian gambar yang belum terseleksi dengan rapih, kamu bisa memilih icon kuas. Gunakan fitur ini untuk mengusap gambar secara perlahan agar hasilnya lebih dapih dan maksimal. Tentu saja pada bagian ini, kamu harus sabar banget ya..

Nyubeedong - Icon Kuas - Selection


5. Jika sudah, klik centang di bagian pojok kanan atas.

Guna dari mengklik centang adalah untuk memastikan sudah teraplikasikan semua yang telah kita terapkan atau edit. Jadi, biar enggak ada yang terlewatkan gitu setiap langkahnya. Tentu dengan begitu, kita tidak perlu takut untuk kehilangan progress dari editing kita ya guys.

6. Setelah itu, simpan hasil foto yang sudah kita edit. Dengan cara klik tanda panah di bagian atas, lalu pilih simpan, lalu pilih simpan ke galeri.

Nah, kalau sudah bisa kita simpan hasil foto yang kita edit tadi. Dengan begitu, kita bisa menjadikan gambar yang kita edit ini menjadi lebih yakin tersimpan di gallery smartphone kalian. Untuk itu, pastikan lagi dengan membuka gallery foto sebelum close proses editing di PicsArt.

7. Jika sudah tersimpan, makan masukan kembali objek yang sama seperti tadi. Kemudian pilih efek, pilih yang buram.

Setelah terpastikan, kita kembali lagi ke Picsart Editing App nya buat mengedit bagian buram (BOKEH) yang kita inginkan. Jadi, disinilah titik inti pengeditannya. Hampir bisa dikatakan ini finishing ya. Jadi disimak banget. Caranya dengan memasukkan gambar/objeknya kemudian pilih efek buram/blur.

Nyubeedong.com - Efek Blur/Buram


8. Maka objek akan tampak buram. Selanjutnya, pilih icon Penutup. Pilih efek yang kalian inginkan dan kemudian sesuaikan 

Nah, jika objek sudah menjadi buram, sisanya kita pilih langkah terakhir. Yaitu, icon penutup. Lalu kalian bisa menambahkan efek yang kalian inginkan dan kemudian di sesuaikan. Dengan begitu, hasilnya akan lebih menarik.

Nyubeedong.com - Menambahkan objek buram pada foto


9. Jika menurut kalian sudah pas, sekarang pilih add foto, masukan foto yang sudah di edit pertama tadi. Kemudian sesuaikan sama foto yang barusan di edit. 

Jika dirasa gambar tersebut telah oke ataupun pas di hati. Sekarang tambahkan (add) foto yang sudah di edit pertama tadi ya. kemudian sesuaikan sama foto yang barusan banget di edit. sebegai kesimpulan, kita membuat 1 gambar menjadi 2 editing dengan maksud memberikan efek yang berbeda. Pada bagian belakang kita buat blur, dan diatasnya kita beri gambar yang terang/jelas. Sehingga menimbulkan efek bokeh yang cukup bagus.

Nyubeedong - Tambah Gambar 1 dan 2

10. Jika ada bagian yang belum rapi, bisa kalian rapihkan sendiri.

Dengan memaksimalkan kemampuan kita dalam memahami mana yang rapih dan mana yang tidak. Kita bisa memastikannya dengan melihatnya secara seksama setiap bagiannya. Agar hasil yang diinginkan lebih menarik dan tidak rusak.

11. Save ke galeri. Untuk penyimpanan sama seperti tadi.

Setelah dirasa cukup, kamu bisa menyimpannya kedalam hape kalian sendiri dan simpan secara perlahan dan make it sure really saveUntuk lebih jelasnya, saya sudah siapkan video tutorial mulai dari awal hingga akhir pada channel Youtube kami. Berikut ini tinggal di klik videonya aja ya. Semoga memudahkan kalian dalam mencari inspirasi dalam mengedit foto secara BOKEH melalui HP android saja.



Cukup mudah bukan, Cara Mudah Membuat Effect Blur (BOKEH) untuk Pemula di Android. Jika kalian ikuti alur nya pasti bisa mencobanya sendiri di rumah. Mungkin sekian dulu ya guys. Terimakasih.
Share:

Pengikut

Artikel Terbaru

Entri yang Diunggulkan

8 Aplikasi Gratis untuk Editing Foto di Android dan iOS Terbaik

Nyubeedong.com - Pengguna Smartphone biasanya memanfaatkan aplikasi tambahan untuk mempercantik foto atau ngedit foto yang dihasilkan agar...

Translate